Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pematangan Gonad Induk Gurame



01 Jan. 2021

Dalam pembenihan ikan gurame, untuk mendapatkan hasil optimal tentunya harus menggunakan induk yang sudah matang gonad. Karena pematangan gonad induk sangat cukup menentukan dan berpengaruh terhadap produksi telur pada ikan gurame, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Salah satu faktor yang sangat paling berpengaruh adalah pakan gurame. Pakan induk gurame memiliki peran yang sangat penting bagi pematangan gonad dalam menghasilkan telur dan perkembangan larva yang berkualitas. Namun kualitas pakan juga harus diperhatikan cara pemberiannya sehingga kematangan gonad induk dapat di capai pada tinggat yang optimal serta jumlah telur dan benih yang dihasilkan juga akan lebih maksimal lagi.

Semua tahap pemeliharaan gurame tidak bisa terlepas dari kebutuhannya terhadap bahan alami, yaitu hijauan. Pada umumnya peternak ikan gurame memelihara indukan hanya dengan memberikan daun-daunan tanpa penambahan pakan buatan. Namun, kenyataannya dengan pakan yang hanya sejenis itu bisa membuat daya tahan tubuh induk gurame akan menjadi lemah sehingga mudah terserang penyakit.

Secara umum, Hal yang perlu diperhatikan dalam pematangan gonad induk gurame diantaranya :

- Induk dipelihara secara terpisah antara jantan dan betina, pemeliharaan dilakukan di kolam.
- Pakan yang diberikan yaitu berupa pelet terapung dengan jumlah 2%/hari dan daun hijau salah satunya sente 2-3%/hari. Persentase dihitung berdasarkan bobot induk. Lalu kandungan protein yang terkandung di dalam pakan antara 30-35%.
- Lama pematangan gonad induk sekitar 1 - 1,5 bulan.

Karakteristik Induk Gurame Jantan dan Betina :

Induk Jantan :
- Terdapat tonjolan jelas di dahi
- Bibir rata/tebal
- Sirip ekor rata
- Gearakannya lincah, bentuk tubuhnya langsing
- Ekor akan naik jika diletakan di tempat datar
- Terdapat spot berwarna hitam di bawah sirip dada.

Induk Betina:
- Tidak terdapat tonjolan di dahi
- Bibir tipis
- Sirip ekor membulat
- Gerak lambat, perut besar
- Ekor hanya bergerak-gerak jika diletakan di tempat datar
- tidak terdapat spot hitam di bawah sirip dada.