Penanganan Yang Harus Dilakukan Jika Air Bioflok Sudah Pekat



25 Jan. 2021

Dengan penggantian air yang dilakukan akan membuang bahan organik yang mengendap di dalam paralon agar tidak terjadi penumpukan oleh bahan organik yang tidak teraduk sempurna oleh sistem aerasi yang akhirnya mengendap dan menumpuk.

Bahan organik yang mengendap dan kemudian menumpuk nantinya akan mengakibatkan guncangan kualitas air saat sistem bioflok akan diterapkan. Endapan yang sering kali menimbulkan bau yang tidak sedap, bau tersebut mengandung amoniak dan nitrit yang sangat tinggi.

Cara mudah untuk mengetahui banyak tidaknya endapan yang terjadi yaitu dengan cara melihat dasar akumulasi pakan yang diberikan dan mengecek pada saluran paralon pembuangan. Apabila sudah terlalu pekat, dapat langsung dilakukan untuk pergantian air.

Sebaiknya kepekatan air bioflok harus tetap terjaga agar tidak terlalu pekat karena akan berpengaruh pada konsumsi oksigen. Ikan lele merupakan ikan yang cukup tahan dengan kondisi kepekatan flok yang sangat tinggi. Ikan lele masih bisa bertahan dengan baik dalam kondisi volume flok yang mencapai 15% (150 cc dalam 1 liter media air).