Manajemen Pemberian Pakan Ikan yang Tepat



14 Aug. 2020

Pakan merupakan kebutuhan utama dalam budidaya ikan lele. Hal ini dapat menentukan tingkat pertumbuhan ikan. Pakan juga merupakan komponen yang sangat penting dalam biaya operasional khususnya usaha budidaya ikan. Biaya operasional dari pakan dapat mencapai 60-70% dari total biaya produksi.

Ikan lele memiliki sifat karnivora, sifat karnivora membuat lele menjadi pemakan daging sehingga dalam pemeliharaan dan pemberian pakan sangat membutuhkan kadar protein yang sangat tinggi untuk menunjang pertumbuhan ikan.

Pakan dan pertumbuhan optimal merupakan faktor yang sangat penting dalam keberhasilan usaha budidaya ikan. salah satu upaya untuk mencapai target adalah dengan menerapkan manajemen pemberian pakan yang tepat, baik jumlah, waktu agar bisa tercapai efesiensi produksi.

Pemberian pakan yang tepat secara umum akan mampu meningkatkan pertumbuhan, sedangkan pakan yang berlebihan akan mencemari lingkungan.

Pemberian pakan yang baik:
- Hitung porsi pemberian pakan, dihitung berdasarkan rata-rata bobot bio massa.
- Lakukan pemberian pakan dengan frekuensi dua kali sehari. Waktu pemberian pakan adalah pukul 07.00 dan 17.00
- Lakukan program puasa pada satu kali waktu makan setiap minggu. Tujuannya, agar memberikan kesempatan organ pencernaan untuk istirahat.
- Pemberian pakan sesuai jam atau tepat waktu.